LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI – 15 AGUSTUS 2016

Rizky Nur Apriliasari, Rizky Nur Apriliasari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI – 15 AGUSTUS 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13302241036_Rizky Nur Apriliasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal. SMA Negeri 1 Jogonalan merupakan salah satu lembaga pendidikan di kabupaten Klaten yang dijadikan tempat/sasaran PPL UNY. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Praktik pengalaman mengajar praktikan dilaksanakan pada kelas X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4 dan X IPS 4. Materi yang diajarkan adalah “Pengukuran” dan “Vektor”. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi kegiatan belajar mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas diakukan secara mandiri, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Praktikan membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanan pembelajaran, media pembelajaran, prota, prosem serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket guru, piket perpustakaan, penataan laboratorium fisika, upacara bendera hari senin, upacara HUT Klaten, upacara HUT Kemerdekaan RI, pembinaan guru. Materi fisika yaang diajarkan untuk kelas X semster satu yaitu materi pengukuran, vektor, gerak lurus, hukum Newton tentang gerak dan penerapannya, dan gerak mlingkar. Praktik pengalaman lapangan merupakan sarana untuk pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Pada praktek mengajar, praktikan mendapatkan pengalaman mengajar di dalam kelas yaitu pengalaman mengelola kelas, mengelola waktu pembelajaran, dan cara memotivasi peserta didik. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar. Keberhasilan pelaksanaan program yang telah dilaksanakan ini dikarenakan koordinasi yang baik antara sekolah dengan mahasiswa PPL UNY 2016 dan antar mahasiswa PPL UNY 2016, lalu adanya motivasi dari pendidik (guru) maupun dosen pembimbing lapangan, guru-guru mata pelajaran dan teman-teman satu tim sehingga keterlaksanaan seluruh program PPL UNY 2016 di SMA Negeri 1 Jogonalan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Fisika, SMA N 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51689

Actions (login required)

View Item View Item