LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Wildan Faza, Wildan Faza (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13202241041_Wildan Faza.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 18 Juli – 15 September 2016 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMA Negeri 1 Jogonalan. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan berjumlah 23 orang, yang terdiri dari 3 mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 7 pertemuan di kelas XI IPS 4. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris dengan materi ajar yaitu; report text, welcome speech, dan memo. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah dan tanya jawab,. Media yang digunakan adalah gambar, audio, dan video . Alat yang digunakan adalah LCD proyektor dan papan tulis. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah minimnya pengalaman mengajar. Ketika mengajar, mahasiswa masih berusaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa lebih seksama memperhatikan penyusunan RPP dan selalu berkonsultasi dengan beberapa guru bahasa Inggris yang bersangkutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Bahasa Inggris, SMA Negeri 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51686

Actions (login required)

View Item View Item