Kurniasari, Vety Triyana and Retnawati, Heri (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
![]() |
Text
AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (348kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel kelas VII D SMP Negeri 1 Sidoharjo yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VII E SMP Negeri 1 Sidoharjo yang diberi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam setting kelas koopertaif tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa pretest dan posttes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan seting kooperatif tipe Jigsaw tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Sedangkan, pembelajaran dengan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam setting kooperatif tipe Jigsaw efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif tipe Jigsaw tidak lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dan kemampuan komunikasi matematis dilihat dari rata-rata skor gain posttest dan pretest prestasi belajar matematika peserta didik. Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, kooperatif Jigsaw, pendekatan saintifik, komunikasi matematis, prestasi belajar matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 07:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |