LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 2 PLAYEN

MUHAMMAD FAJAR ROMADHONNI, MUHAMMAD FAJAR ROMADHONNI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 2 PLAYEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fajar Romadhonni 13301241051.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan universitas yang menerapkan visi taqwa, mandiri, dan cendekia. Hal ini merupakan cita-cita yang ingin dibangun oleh Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu untuk menjadikan masyarakat kampus khususnya mahasiswa sebagai insan yang memiliki hubungan yang baik dengan tuhannya melalui nilai-nilai ketaqwaan dan memiliki hubungan baik terhadap masyarakat secara umum melalui kontribusi mahasiswa dalam segala bidang. Salah satunya adalah dengan berkontribusi dalam bidang pendidikan, oleh karena itu perlu adanya kegiatan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang dimilikinya dalam dunia pendidikan yaitu melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Dalam praktik PPL ini perlu dilakukan persiapan kegiatan pembelajaran seperti pembuatan RPP, administrasi pendidik, serta media pembelajaran dan evaluasi dilakukan dengan ulangan harian. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 2 Playen, Gunungkidul, tepatnya di Jalan Wonosari – Yogyakarta Km. 07. Kegiatan ini dimulai secara efektif pada tanggal 18 Juli dan diakhiri pada tanggal 15 September 2016. Selama kegiatan PPL mahasiswa diberi kepercayaan untuk mengampu kelas VIII A, B, C, dan D dibawah bimbingan Ibu Rini Astari, S.Pd. dan ibu Dr. Heri Retnawati selaku dosen pembimbing lapangan. Mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah melalui program PPL ini. Program berjalan baik melalui bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pembimbing. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman dan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pembelajaran di SMP N 2 Playen, memperoleh pengalaman dan ilmu mengenai cara berpikir, belajar di lingkungan sekolah, dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di dalam kelas maupun di lingkungan sekitar. Dengan PPL mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman sebagai pengajar akan tetapi mendapatkan pengalaman sebagai pendidik juga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Kegiatan Belajar Mengajar, SMP N 2 Playen.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 06:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51673

Actions (login required)

View Item View Item