LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PATUK

Aditya Bomantara, Aditya Bomantara (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PATUK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ADITYA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah Universitas yang melahirkan generasi pendidik. Hal tersebut didukung dengan usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran melalui mata kuliah lapangan dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program kegiatan PPL dilakukan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau lembaga kependidikan. Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL difokuskan pada komunitas sekolah yang mencakup civitas internal sekolah (guru, karyawan, siswa, dan Komite Sekolah). Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMP N 1 Patuk Gunung Kidul, beralamat di Jalan Jogja-Dlingo Km 18, Patuk, Patuk, Gunung Kidul, dan berlangsung dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, VIII-E, dan VIII-F. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL,dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 15 Juli 2016, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 18 Juli-15 September 2016 yaitu di kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, VIII-E, dan VIII-F. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Laporan, PPL, SMP N 1 Patuk Gunung Kidul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51657

Actions (login required)

View Item View Item