LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Muhammad Ali Imron Sadewo, Muhammad Ali Imron Sadewo (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312244036_MUHAMMAD ALI IMRON SADEWO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan berbagai teori yang diterima selama dibangku perkuliahan. Pada saat kuliah, Mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis dan paktik dalam lingkup kecil (mikro). Oleh karena itu, pada saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) inilah Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan ilmu yang diterima diperkuliahan sekaligus menimba ilmu secara empirik. Tidak sebatas mengetahui secara teori, tetapi lebh jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut dalam situasi mengajar didalam kelas yang sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa, yaitu dalam Bidang Pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (PPL UNY) tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri Prambanan Klaten mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Dalam hal ini, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melakukan kegiatan pembelajaran baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, Mahasiswa menjalankan program pembelajaran minimal 4 kali pertemuan terbimbing dan 4 kali pertemuan mandiri. Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran di Kelas VII E dan VII F, metode yang digunakanpun bermacam – macam sesuai karakteristik materi yang disampaikan. Terdapat beberapa kendala/hambatan dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) baik secara intern maupun ekstern. Salah satu contoh adalah jadwal sekolah yang tidak sesuai di hari Jum’at, peserta didik yang masih sulit dikondisikan karena masih terbawa kebiasaan di Sekolah Dasar (SD). Adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memberikan bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan, khususnya sekolah. Terselesaikannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan dapat terlahir tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51652

Actions (login required)

View Item View Item