PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KESISWAAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK VB.NET DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KERJA KBRI SINGAPURA

Aliia Revan, Prananda (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KESISWAAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK VB.NET DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KERJA KBRI SINGAPURA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Alifia Revan Prananda_11520241019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) merancang dan mengembangkan Sistem Informasi Kesiswaan sesuai dengan kebutuhan operasional P3K KBRI Singapura (2) Mengetahui tingkat kelayakan Sistem Informasi Kesiswaan P3K KBRI Singapura yang dikembangkan dari sisi effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall, yang terdiri dari analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan framework VB.Net , basis data Microsoft Access dan Crystal Report. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kualitas sistem informasi yang dikembangkan menggunakan aspek Quality in Use (QinU) ISO 25010 berdasarkan stakeholder end user (usability). Pengujian ini menggunakan tiga aspek yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sistem Informasi Kesiswaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kerja KBRI Singapura dikembangkan menggunakan framework VB.Net, Crystal Report, dan basis data Microsoft Access berdasarkan model pengembangan Waterfall yang terdiri atas analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi/Code, dan Pengujian. Sistem informasi ini hanya diperlukan 1 macam user yang dapat mengelola keseluruhan sistem informasi. (2) Hasil pengujian sistem informasi kesiswaan P3K KBRI Singapura diperoleh nilai effectiveness dengan hasil persentase kesuksesan 100% (sangat tinggi), pengujian efficiency menggunakan AppTimer dengan waktu rata-rata respon sistem informasi 2,473 detik menghasilkan tingkat kepuasan pengguna terhadap waktu respon sistem informasi yaitu (puas), dan pengujian satisfaction dengan tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi sebesar 91,33% (sangat puas).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Kesiswaan, VB.Net, ISO 25010, P3K KBRI Singapura
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:52
Last Modified: 08 Aug 2017 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51646

Actions (login required)

View Item View Item