LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

WIWID SAFITRI, WIWID SAFITRI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13206241002_WIWID SAFITRI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Prambanan Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 11 mahasiswa dari 5 program studi, yaitu Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Kerajinan, Penjasorkes, Pendidikan IPA, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 21 Juli sampai dengan 13 September 2013, yaitu mengajar kelas VIII E, VIII F, VIII G, VIII H dengan pokok bahasan yang diajarkan meliputi dua bab, bab pertama membahas tentang menggambar model (alam benda) kemudian bab kedua membahas tentang menggambar ilustrasi. Mengajar kelas IX C, IX D, IX E, IX F dengan pokok bahasan satu bab yaitu seni lukis. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam memanajemen peserta didik, terdapat beberapa peserta didik yang telat mengumpulkan tugas. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL, Universitas Negeri Yogyakarta, SMP Negeri 1 Prambanan Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51645

Actions (login required)

View Item View Item