Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kecerdasan Majemuk Gardner Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Penalaran Matematik, dan Self-Esteem Siswa.

Purboningsih, Dyah (2017) Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kecerdasan Majemuk Gardner Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Penalaran Matematik, dan Self-Esteem Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyah-purboningsih-15709251058.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbasis kecerdasan majemuk Gardner ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan penalaran matematik, dan self- esteem siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purworejo, Jawa Tengah. Model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbasis kecerdasan majemuk yaitu model pembelajaran dimana siswa dibimbing untuk memahami materi dengan langkah- langkah pembelajarannya merupakan gabungan antara model inkuiri terbimbing dan pendekatan saintifik dengan memberdayakan kecerdasan siswa yang beragam. Desain penelitian untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar matematika, kemampuan penalaran matematik, dan self-esteem siswa menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purworejo, Jawa Tengah sebanyak 7 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII G. Faktor dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbasis kecerdasan majemuk Gardner, sedangkan responnya adalah prestasi belajar matematika, kemampuan penalaran matematik, dan self-esteem siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika, soal berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan penalaran matematik, dan angket untuk mengukur self-esteem siswa. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbasis kecerdasan majemuk Gardner dikatakan efektif apabila nilai rata-rata posttest prestasi belajar matematika dan kemampuan penalaran matematik lebih dari nilai rata-rata pretest dan persentase nilai siswa yang mencapai lebih dari 75 lebih dari 75%, rata-rata skor angket akhir lebih dari rata-rata skor angket awal dan persentase skor angket siswa yang mencapai kategori minimal Tinggi lebih dari 75%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbasis kecerdasan majemuk Gardner efektif diterapkan di SMP Negeri 2 Purworejo, Jawa Tengah ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan penalaran matematik, dan self-esteem siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, saintifik, kecerdasan majemuk Gardner, prestasi belajar, kemampuan penalaran, self-esteem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:38
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51640

Actions (login required)

View Item View Item