LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017

ISNAENI UTAMI, ISNAENI UTAMI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ISNAENI UTAMI_13802241016_P. ADP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu dan dilaksanakan di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama dua bulan terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Selama praktik mengajar, penulis diberi amanah untuk mengampu kelas XII dengan jumlah 2 kelas yakni XII AP 1 dan XII AP 2 pada mata pelajaran Memproses Perjalanan Bisnis. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program- program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMK Negeri 1 Jogonalan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktik kami. Ada pula kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PPL yaitu Observasi, membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran Power Point, Praktik mengajar di kelas, dan mengumpulkan Laporan Pelaksanaan PPL. Dari kegiatan PPL ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru yang terampil, berpengalaman, taqwa, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini. Secara umum pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu adanya kegiatan Perkemaham Pramuka, dan pengurangan jam perlajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran tidak efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan, Kegiatan PPL, SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten, Memproses Perjalanan Bisnis
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51635

Actions (login required)

View Item View Item