LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN

HENI DWI LESTARI, HENI DWI LESTARI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HENI DWI LESTARI_13803244005_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang professional. Untuk melaksanakan tugas tersebut UNY memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan dan bertujuan untuk mendapatkan pengalaman ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Melalui pengalaman ini mahasiswa menerapkan keterampilan mereka ketika terjun ke lapangan dengan berbekal teori dari kuliah. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang akan dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas XI AK 1, XI AK 2, XI AK 3, dan XI AK 4 dengan mata pelajaran akuntansi produktif MYOB atau komputer akuntansi. Sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Kurikulum 2006 (KTSP). Kesimpulan kegiatan PPL yang telah dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan, praktikan mendapat bekal, dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kedisiplinan, tenaga, dana, dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan baik. Mahasiswa juga dapat menerapkan ilmu pengetahuan tentang teori dan praktik dalam bidang Pendidikan Akuntansi di SMK Negeri 1 Jogonalan yang sebelumnya juga telah di pelajari di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mahasiswa PPL, Pembelajara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51634

Actions (login required)

View Item View Item