Muhammad Mujiburokhman, Muhammad Mujiburokhman (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover Muhammad Mujiburokhman.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Muhammad Mujiburokhman.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
3. Laporan Muhammad Mujiburokhman.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lampiran Muhammad Mujiburokhman.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 18 Juli – 15 September 2016 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMK 2 Muhammadiyah Klaten Utara. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PPL di SMK 2 Muhammadiyah Klaten Utara berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 3 mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dalam seminggu di kelas X AK 1 dan X AK 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Pengantar Akuntansi dengan materi ajar yaitu; Pengertian Akuntansi, Persamaan Dasar Akuntansi, Uang, . Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah dan tanya jawab,. Media yang digunakan adalah games, gambar, audio, dan video . Alat yang digunakan adalah LCD proyektor dan papan tulis. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah minimnya pengalaman mengajar. Ketika mengajar, mahasiswa masih berusaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa pdan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa lebih seksama memperhatikan penyusunan RPP dan selalu berkonsultasi dengan beberapa guru bahasa Inggris yang bersangkutan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PPL, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Praktik Mengajar. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 02:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |