LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Sukma Dian Konaah, Sukma Dian Konaah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Sukma Dian Konaah.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Sukma Dian Konaah.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Laporan Sukma Dian Konaah.doc.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lampiran Sukma Dian Konaah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa dari program Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, PJKR, Pendidikan Teknik Elektronika. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk mendapatkan pengalaman ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional ketika terjun di dunia kerja. Mahasiswa dalam melaksanakan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh Guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilakukan mata kuliah mikro yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro. Kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL adalah praktik mengajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dengan sasaran SMK siswa kelas X dan dilakukan sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Kegiatan PPL yang dilaksanakan disekolah meliputi tahap persiapan praktik mengajar dan analisis pelaksanaan PPL. Pada tahap persiapan meliputi observasi kegiatan belajar mengajar di kelas dan pembuatan perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum 2013 dan persiapan media pembelajaran. Tahap persiapan dilanjutkan dengan praktik mengajar yang merupakan kegiatan inti dari PPL. Pembuatan RPP sebanyak 9 buah dari kompetensi dasar,soal diskusi sebanyak 3 buah, dan soal evaluasi/ulangan sebanyak 1 buah. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 11 kali pertemuan di kelas X AP 2 serta 1 kali ulangan harian X AP 2. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi dasar otomatisasi perkantoran, pentingnya K3, mengetik dengan cepat dan tepat, serta membuat format dokumen di Microsoft Word. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, discovery learning, saintific approach, dan diskusi kelompok. Pembuatan soal ulangan harian didasarkan kepada rpp yang telah dibuat. Konsultasi dan bimbingan oleh guru pembimbing sangat membantu dalam pembuatannya. Guru juga memberikan solusi pada masalah yang dihadapi saat proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, PPL UNY, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51627

Actions (login required)

View Item View Item