LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Siska Cahya Maulinawati, Siska Cahya Maulinawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Siska Cahya Maulinawati.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover Siska Cahya Maulinawati.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Siska Cahya Maulinawati.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Laporan Siska Cahya Maulinawati.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lampiran Siska Cahya Maulinawati.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sebagai calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan mengajar. Dengan diwajibkannya menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara menjadi salah satu pilihan pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016. Pengajaran berlangsung selama dua bulan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa dari program Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, PJKR, dan Pendidikan Teknik Informatika. Mahasiswa dalam melaksanakan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh Guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilakukan mata kuliah mikro (Micro Teaching) yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro. Kegiatan PPL yang dilaksanakan disekolah meliputi tahap persiapan praktik mengajar dan analisis pelaksanaan PPL. Praktikan mendapatkan pengalaman mengajar dan cara memotivasi siswa dengan baik. Berbagai manfaat tersebut dapat menjadi bekal praktikan kelak ketika terjun di dunia kependidikan. Pengalaman tersebut merupakan bentuk ketrampilan mahasiswa menyampaikan materi-materi maupun argumentasi di dalam kelas. Secara umum, program PPL dapat berjalan dengan baik dan lancer. Dalam pelaksanaan program tersebut tentu tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya motivasi dari guru pembimbimg lapangan, dosen pembimbing lapangan, guru lain dan teman-teman satu tim dengan kerjasama yang baik maka semua hambatan teratasi. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu bermanfaat bagi pihak sekolah maupun mahasiswa khususnya praktikan guna mengembangkan kompetensinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Muhammadiyah 2 Klaten Utara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51626

Actions (login required)

View Item View Item