LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Danar Yudikiswanti, Danar Yudikiswanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Danar Yudikiswanti.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Danar Yudikiswanti.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Laporan Danar Yudikiswanti.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lampiran Danar Yudikiswanti.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memang dapat memberikan pembelajaran bagi mahasiswa secara langsung di dunia nyata, mahasiswa akan belajar secara nyata di Sekolah. Pengalaman belajar yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan serta mengaplikasikan teori teori yang sudah dipelajari selama kuliah. PPL yang diterjunkan disekolah berdasarkan mata pelajaran yang diminta oleh pihak sekolah, penentuan lokasi pada tahun ini dengan memilih lokasi secara online. hanya tersedia lokasi Sekolah yang meminta mata pelajaran. pendidikan administrasi perkantoran yang pada akhirnya akan mengajar di SMK dengan mata pelajaran Korespondensi akan praktik secara langsung di SMK Muhammdiyah 2 Klaten Utara. dalam proses tersebut akan belajaran secara langsung mengenai menjadi seorang guru Administrasi Perkantoran. Seorang guru tidak hanya mengajarkan materi tentang ilmu yang dipelajari namun mengenai etika dan panutan bagi murid murid. Tingkah laku serta kepribadian juga akan dilihat sebagai seorang guru. Dalam pelaksanaan mahasiswa sebelum diterjunkan sudah melakukan observasi untuk mengetahui kondisi fisik dan non fisik yang ada di Sekokah tersebut. non fisik dalam artinya kurikulum dan aturan yang berlaku di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dan ketersediaan sarana prasarana untuk menunjang pembelajaran. Observasi secara umum dilakulan melihat semua kondisi yang ada di sekolahan dan secara umum dengan guru pembimbing mata pelajaran Korespondensi. Dengan guru pembimbing mahasiswa mendapatkan banyak informasi untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang akan dilakukan untuk praktik mengajar. Pertama mahasiswa dapat guru pembimbing akan melihat karakter siswa untuk menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. sehingga bisa mempersiapkan materi dan bahan ajar supaya penbelajaran bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan. Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 15 September itu banyak mengajarkan semua hal yang sering dilakukan oleh guru dari memahami etika keguruan hingga pemahaman materi yang menjadi bekal untuk mengajar. Dalam pelaksanaan PPL penyusun mendapat kesempatan mengajar di kelas X AP 1 dan X AP 2. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas sama seperti guru yang memgampu mata pelajaran Korespondensi. Hasilnya mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengatur emosi bisa memecahkan masalah pribadi dengan kesiapan untuk mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Pendidikan Administrasi Perkantoran, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51625

Actions (login required)

View Item View Item