Hamidy, Anwaril (2017) Kemampuan Siswa SMP Kalimantan Timur dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA dan TIMSS. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-anwaril-hamidy-15709251018.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dan TIMSS serta mendeskripsikan aspek apa saja yang unggul dan lemah pada masing-masing domain soal matematika model PISA dan TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII dan IX di provinsi Kalimantan Timur pada tahun pembelajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 600 siswa. Sampel berasal dari sekolah dengan hasil Ujian Nasional tahun 2016 pada mata pelajaran matematika yang tergolong tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonproportional stratified sampling, convenience sampling dan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes model PISA sebanyak 16 butir soal (Cronbach Alpha = 0,835) dan soal model TIMSS sebanyak 28 butir soal (Cronbach Alpha = 0,837). Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Khusus soal model PISA, skor siswa dikonversi ke skala matematika PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa SMP Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA berada pada level 1, lebih rendah daripada rata-rata OECD yang berada pada level 3, namun skornya lebih tinggi daripada siswa Indonesia pada PISA 2000-2015. Berdasarkan domain proses, kemampuan siswa dari tinggi ke rendah berturut-turut adalah pada soal yang memuat proses formulate, employ dan interpret. Berdasarkan domain konten, kemampuan siswa dari tinggi ke rendah berturut-turut adalah pada soal yang memuat konten uncertainty & data, space & shape, quantity dan change & relationship. Berdasarkan domain konteks, kemampuan siswa dari tinggi ke rendah berturut-turut adalah pada soal yang memuat konteks scientific, occupational, personal dan societal. Kemampuan siswa SMP Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS tergolong rendah, yakni di bawah rata-rata internasional, namun lebih tinggi daripada siswa Indonesia pada TIMSS 2011. Berdasarkan domain kognitif, kemampuan siswa dari tinggi ke rendah berturut-turut adalah pada soal yang memuat tingkat kognitif knowing, applying dan reasoning. Berdasarkan domain konten, kemampuan siswa dari tinggi ke rendah berturut-turut adalah pada soal yang memuat konten number, geometry, data & chance dan algebra.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan matematika siswa, soal model PISA, soal model TIMSS |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 01:51 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |