LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Azhim Rosyed Ibrahim, Azhim Rosyed Ibrahim (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Azhim Rosyed Ibrahim.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan Azhim Rosyed Ibrahim.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Laporan Azhim Rosyed Ibrahim.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lampiran Azhim Rosyed Ibrahim.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang professional. Untuk melaksanakan tugas tersebut UNY memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta bertujuan untuk mendapatkan pengalaman praktik mengajar ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Melalui PPL mahasiswa menerapkan keterampilan mereka ketika terjun ke lapangan dengan berbekal teori dari kuliah. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 9 mahasiswa, yang terdiri dari 2 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 3 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan 2 Program Studi Pendidikan Akuntansi Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan dari tanggal 15 Juli s.d. 15 September 2015. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Pemrograman dasar, sebanyak 5 pertemuan di kelas X RPL serta Perencanaan Web sebanyak 12 pertemuan di kelas XI RPL. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Pembuatan media pembelajaran serta template kerja proyek juga disusun untuk kelancaran di dalam proses pembelajaran baik teori maupun praktik. Kesimpulan kegiatan PPL yang telah dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan. Mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan menyampaikan argumen di depan umum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, UNY, Pemrograman Dasar, Perencanaan Web, RPL, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51618

Actions (login required)

View Item View Item