PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP

Indraningtias, Diah Ayu and Wijaya, Aryadi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
2.Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini memuat materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon guru, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik (skor rata-rata lebih dari 3,40) dan persentase keterlaksanaan pembelajaran minimal 70%, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan siswa lebih dari 60%. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1 Semin dengan objek penelitian siswa kelas VIII A. Penelitian ini menghasilkan satu set perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS untuk lima pertemuan. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,31 untuk RPP dan 4,33 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 4,94 untuk angket respon guru dan 4,36 untuk angket respon siswa dari skor maksimal 5,00, sedangkan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,43 %. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 64,52 %. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan matematika realistik, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51614

Actions (login required)

View Item View Item