LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI KELAS XOA, XOB, DAN XOC SMK NEGERI 1 NGAWEN TAHUN AJARAN 2016/2017

YUDI ARI CAHYANTO, YUDI ARI CAHYANTO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI KELAS XOA, XOB, DAN XOC SMK NEGERI 1 NGAWEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15504247013_YUDI ARI CAHYANTO_PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan di SMK Negeri 1 Ngawen Yogyakarta, mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan meliputi 1) Observasi dan 2) Praktik Mengajar. Observasi dilakukan sebelum melakukan pelaksanaan PPL yaitu mengamati dan mencatat kondisi sekolah tempat PPL. Praktik mengajar dilakukan di kelas X Otomotif A, B, dan C dengan mata pelajaran teori Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Selain dua kegiatan pokok tersebut juga ada kegiatan lain yang sifatnya tambahan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa memperoleh pengalaman langsung di lapangan sebagai persiapan membentuk tenaga pendidik yang profesioanal. Hasil observasi yang telah dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu sangat membantu mahasiswa untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat karena disesuaikan dengan karakteristik siswa, kelas dan lingkungan. Praktik mengajar terbimbing dapat dilakukan dengan lancar dan memberikan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari antusias/kehadiran dan prestasi belajar 103 siswa. Sejumlah 86 siswa sudah mencapai KKM yaitu diatas 75 sedangkan 17 siswa belum mencapai KKM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL SMK N 1 Ngawen 2016
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51599

Actions (login required)

View Item View Item