LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Linda Rania, Linda Rania (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 NGAWEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241063_LINDA RANIA_PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan bagus dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di SMK N 1 Ngawen meliputi kegiatan praktik mengajar dikelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar dikelas mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016. Praktikan mengajar mata pelajaran Teknologi Tekstil kelas X Teknik Busana A dan X Teknik Busana B, serta Teknologi Batik kelas XI Teknik Busana A dan X Teknik Busana B. Kompetensi Dasar yang diajarkan adalah Kompetensi Dasar mata pelajaran Teknologi Textil adalah Pengenalan Serat Tekstil, Macam Serat Tekstil, Asal Serat Tekstil, Pengelompokkan Serat Tekstil, sedangkan untuk mata pelajaran Teknologi Batik adalah Pengenalan Batik, Macam Batik, Alat dan Bahan Batik dan Langkah Batik dengan menggunakan kurikulum 2013. Penempatan mahasiswa PPL di SMK N 1 Ngawen diharapkan mampu memahami peranan tenaga pendidik dan mampu menjalankan kewajiban sebagai tenaga pendidik secara tenggung jawab. Sebelum diterjunkan sebagai tenaga pendidik sementara, para praktikan harus melewati beberapa tahap agar pelaksanaan kegiatn PPL dapat berjalan dengan lancar. Tahap-tahap yang dimaksud yaitu: 1) Pembekalan PPL, 2) Observasi Sekolah dan Kelas, dan 3) Persiapan Mengajar, dan 4) Pengajaran Mikro. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui kendala yang berat, semuanya masih bisa dikendalikan. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Mahasiswa, PPL, Praktik mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51594

Actions (login required)

View Item View Item