LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 1 NGAWEN Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul Yogyakarta Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah PPL

UMI KHORIYAH, UMI KHORIYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 1 NGAWEN Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul Yogyakarta Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241006_UMI KHOIRIYAH_PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan ini memiliki tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK N 1 Ngawen, praktikan mengajar dua mata pelajaran yaitu Dasar Busana dan Simulasi Digital. Pada mata pelajaran Dasar Busana Praktikan mengajarkan materi tentang menganalisis bentuk dasar dan perkembangan mode busana,menganalisis jenis-jenis busana, dan menganalisis bagian-bagian tubuh secara anatomi. Sedangkan pada mata pelajaran Simulasi Digital,Praktikan mengajarkan materi tentang penerapan pengelolaan informasi digital diantaranya yaitu latihan mengetik 10 jari, microsoft word, microsoft excel, dan microsoft powerpoint. Hal-hal lain yang dilakukan praktikan selain mengajar adalah, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, pembuatan RPP dan mengikuti kegiatan sekolah diluar program kegiatan belajar mengajar. Hasil pelaksanaan PPL di SMK N 1 Wonosari mulai dari 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, mahasiswa, SMK Negeri 1 Ngawen
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51591

Actions (login required)

View Item View Item