LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 WONOSARI

Arief Hartono, Arief Hartono (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. LAPORAN PPL SMKN 2 WONOSARI ARIEF HARTONO 13503244016.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

PPL UNY 2016 adalah Praktik Pengalaman Lapangan dimana Penyelenggaraan PPL ini guna menyiapkan tenaga pendidik yang cakap dalam kompetensi baik pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. PPL adalah serangkaian kegiatan yang diprogramkan bagi mahasiswa LPTK, yang meliputi baik latihan mengajar maupun latihan di luar mengajar. Kegiatan ini merupakan ajang untuk membentuk dan membina kompetensi-kompetensi profesional yang disyaratkan oleh pekerjaan guru atau lembaga kependidikan lainnya.. Mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang luas, mandiri, terampil, dan menjadi penerus bangsa untuk masa yang akan datang. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa S1 yang mengambil program studi kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2016 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan guna mengampu mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin (MTEM). Praktik mengajar dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 4 jam per minggu untuk tiap kelasnya. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Selain itu, banyak tugas selain mengajar yang harus dilaksanakan oleh seorang guru. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk selalu memperbarui dan menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk selalumeningkatkan kualitas bimbingannya sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang cakap dalam kompetensi baik pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, KMKE, SMK Negeri 2 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51588

Actions (login required)

View Item View Item