PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA PENYELESAIAN GAMBAR BUSANA TEKNIK BASAH SISWA SMKN 1 NGAWEN

Sarah, Nurhayati (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA PENYELESAIAN GAMBAR BUSANA TEKNIK BASAH SISWA SMKN 1 NGAWEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Sarah Nurhayati_NIM 12513244003.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media video dalam pembelajaran menggambar busana kelas XI busana B SMK N 1 Ngawen. (2) Meningkatkan unjuk kerja penyelesaian gambar busana teknik basah mata pelajaran menggambar busana siswa kelas XI SMK N 1 Ngawen melalui model pembelajaran discovery learning berbantu media video. Penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian Kemmis & McTarggart yang diawali dengan perencanaan, kemudian pelaksanaaan tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan pertimbangan nilai unjuk kerja penyelesaian gambar busana teknik basah dikelas XI busana B. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggambar busana materi penyelesaian gambar busana teknik basah pada bahan berkilau. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes yaitu observasi pelaksanaan pembelajaran dan lembar unjuk kerja siswa. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan hasil data dinyatakan layak dan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach dengan hasil reliabel berada dikategori tinggi sebesar 0,729. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model discovery learning berbantu media video dilaksanakan 2 siklus meliputi kegiatan pendahuluan yaitu membuka pembelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yaitu menerangkan model discovery learning berbantu video, menerapkan model discovery learning berbantu media video, guru memberikan penguatan lalu kesimpulan materi pembelajaran. Penutup, guru dan siswa melakukan refleksi dan menutup pembelajaran. (2) pesentase jumlah siswa pada unjuk kerja penyelesaian gambar busana teknik basah pada pra siklus 60% siswa berada dikategori baik. Siklus I, presentase siswa dikategori baik 73,33%, siklus II presentase siswa 100% di kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model discovery learning berbantu media video pada pelajaran menggambar busana dapat meningkatkan unjuk kerja penyelesaian gambar busana teknik basah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Unjuk Kerja, Menggambar Busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51578

Actions (login required)

View Item View Item