Muttaqiin, Machmut (2017) Penerapan TIK dalam Pembelajaran SMK Bidang Keahlian Teknologi di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-machmut-muttaqiin-10702251021.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). ketersediaan sarana prasarana TIK, 2). kemampuan Guru dalam bidang TIK, dan 3). tingkat Penerapan TIK dalam pembelajaran SMK Bidang Keahlian Teknologi di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah survey. Responden terdiri dari guru SMK bidang teknologi di Kota Yogyakarta. Data tentang ketersediaan sarana prasarana dan tingkat penerapan TIK dijaring dengan kuesioner, sedangkan kemampuan TIK guru diukur dengan self-assessment. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik diskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1). Sarana prasarana TIK sudah tersedia dan dukungan TI seperti teknisi, administrator, dan tim pengembang TI di sekolah juga telah tersedia. 2). Berdasarkan self-assessment, persentase guru mempunyai basic ICT Skill meliputi kemampuan : mengoperasikan komputer, menggunakan pengolah kata, pengolah angka, presentasi, dan mencari informasi dengan internet adalah 63%. Persentase guru yang mempunyai advance ICT Skill meliputi kemampuan : mengelola database, multimedia, berkomunikasi dengan e-mail, dan mengelola blog/website/e-learning adalah 17%. 3). Penerapan TIK dalam pembelajaran di sekolah berada pada level integrating/applying. Guru telah memanfaatkan TIK untuk mengelola administrasi dan menyampaikan materi, walaupun belum diterapkan secara penuh, dan masih bersifat pembelajaran off-line.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan TIK, e-learning, dan SMK |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 06:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51576 |
Actions (login required)
View Item |