PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF (TLDO) BERBASIS MOBILE APPLICATION ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Pratama, Putu Desna Andy (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF (TLDO) BERBASIS MOBILE APPLICATION ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKIRPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui keefektifan media pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) berbasis mobile application Android terhadap prestasi belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 3 Yogyakarta. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) berbasis mobile application Android untuk siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK N 3 Yogyakarta dengan subyek penelitian kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan. Pengujian kelayakan dilakukan oleh satu ahli media dan satu ahli materi, sedangkan tahap evalusi produk dilakukan penilaian kelompok kecil dan besar oleh siswa. Data di kumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Media pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TOLD) berbasis mobile application Android efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 3 Yogyakarta sebelum menggunakan media pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TOLD) berbasis mobile application Android dengan setelah menggunakan media pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TOLD) berbasis Mobile Application Android. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada minat belajar siswa sebesar 8,694 dan ttabel pada df 29 sebesar 2,045 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media didapat skor 53 dengan kategori “sangat layak” sedangkan ahli materi didapat skor 74 dengan kategori “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil didapat 100% menyatakan ”layak”, sedangkan pada uji coba kelompok besar didapat 3% siswa menyatakan ”layak” dan 97% siswa menyatakan media pembelajaran berbasis Android “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, mobile application berbasis Android, TLDO
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 14:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51571

Actions (login required)

View Item View Item