LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Nanda Isna Khoirunisa, Nanda Isna Khoirunisa (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nanda Isna K.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai pendidik atau tenaga kependidikan. Dengan adanya PPL, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan PPL ini penulis laksanakan di UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, maka disusunlah beberapa program utama yaitu diklat pengembangan media, metode dan bahan ajar paud, pembuatan video bahan ajar kesetaraan gender, penanaman sadar kebersihan lingkungan, mobile library, kumpul bocah, outbond PAUD, dan pembuatan APE dalam (Play Dough), KBM Paket C, KMB PAUD. Program tambahan yaitu, pendampingan diklat keaksaraan, konsultasi, rapat, apel, dan olahraga. Secara keseluruhan, program PPL dapat dilaksanakan dengan baik walaupun ada beberapa program yang terlaksana namun tidak sesuai dengan waktu yang direncanakan karena adanya revisi dan pertimbangan lainnya. Dengan adanya program kerja tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang bersangkutan. Juga kegiatan yang bersifat kontinu dapat terus berjalan sebagaimana mestinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Mahasiswa, Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 05:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51569

Actions (login required)

View Item View Item