LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY SEMESTER KHUSUS 2016 UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Afrillia Ayu Wulandani, Afrillia Ayu Wulandani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY SEMESTER KHUSUS 2016 UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Afrillia Ayu W.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Program PPL yang dilaksanakan di SKB Gunungkidul yaitu program-program yang mendukung program yang sudah diadakan oleh SKB Gunungkidul. Program-program tersebut yaitu pendampingan PAUD dan Program Kesetaraan Paket C. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Observasi dilakukan dengan metode wawancara dan melihat langsung aktivitas kegiatan di UPT SKB Gunungkidul. Berdasarkan hasil observasi tersebut kemudian ditentukan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di UPT SKB Gunungkidul. Dari hasil observasi tersebut, maka disusunlah suatu program utama yaitu Diklat Pengembangan Media, Metode & Bahan Ajar PAUD; Pembuatan Video Media Pembelajaran Kesetaraan Gender; Penanaman Sadar Kebersihan Lingkungan; Mobilee Library; Kumpul Bocah; Outbound PAUD; Pelatihan Bros Akrilik; dan Pelatihan Pengolahan Sampah Gelas Menjadi Tatakan Gelas. Adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menjadikan mahasiswa memiliki pengalaman di lapangan, baik pengalaman di mengajar maupun pengelolaan administrasi pendidikan nonformal. Dan menjadikan mahasiswa lebih bertanggung jawab melalui pelaksanaan program, baik itu program individual maupun secara kelompok Pengalaman tersebut mampu sebagai perbandingan antara keadaan pembelajaran di perkuliahan dan kenyataan di lapangan. Sehingga dengan hasil perbandingan tersebut mahasiswa mampu mengembangkan kemampuannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Mahasiswa, Program
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:46
Last Modified: 07 Aug 2017 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51564

Actions (login required)

View Item View Item