Arfandi, Anas (2009) Evaluasi Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-anas-arfandi-07702251009.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan siswa SMK menghadapi praktek kerja industri, (2) mengetahui kesiapan sekolah menghadapi praktek kerja industri, (3) mengetahui kesiapan pihak industri melaksanakan praktek kerja industri, (4) menjelaskan pelaksanaan praktek kerja industri yang dilakukan di industri, (5) menjelaskan hasil pelaksanaan praktek kerja industri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance/Stake. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing prakerin dan kepala sekolah, instruktur prakerin di industri, dan seluruh siswa kelas III program keahlian teknik bangunan SMK negeri di Kota Makassar. Penarikan sampel menggunakan Proportionate Sampling dimana siswa, dan guru pembimbing yang diambil sebagai sampel pada setiap sekolah. Penarikan sampel instruktur prakerin menggunakan Proportionate Cluster Sampling yang dibagi berdasarkan golongan industri yakni golongan besar, menengah, dan kecil.. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa SMK program keahlian teknik bangunan siap melakukan praktek kerja industri, hal ini didukung oleh tingkat pengetahuan siswa, sosialisasi yang dilakukan oleh sekolah, dan kemampuan keterampilan dasar siswa yang baik. Sekolah menengah kejuruan sangat siap melakukan praktek kerja industri. Industri pelaksana prakerin siap melakukan praktek kerja industri terutama pada industri golongan besar dan menengah, sementara industri golongan kecil hanya 75% yang siap melaksanakan prakerin. Namun kerjasama yang terbangun antara industri dan sekolah masih kurang baik terutama kepada industri-industri golongan kecil, sementara golongan menengah dan besar masih cukup baik walaupun sangat terbatas. Aktivitas siswa melaksanakan praktek kerja industri telah berjalan dengan baik yang didukung oleh kemampuan siswa beradaptasi di lingkungan industri. Hanya saja kererampilan dasar siswa masih kurang mampu bekerja secara praktis. Aktivitas guru pembimbing juga sudah baik, hal ini didukung oleh intensitas guru dalam mengunjungi siswa selama prakerin serta motivasi dan dukungan yang diberikan oleh guru kepada para siswa. Aktivitas instruktur prakerin juga dilaksanakan dengan baik terutama dalam membimbing siswa selama prakerin mulai dari pelaksanaan kegiatan terbimbing sampai pada kegiatan mandiri siswa terhadap suatu pekerjaan. Instruktur juga senantiasa memberi pengarahan kepada siswa sebelum melakukan suatu pekerjaan dan memeriksa hasilnya setelah selesai. Penilaian akhir siswa prakerin dilakukan oleh instruktur dengan memperhatikan kehadiran, kedisiplinan, motivasi, mutu kerja, inisiatif, kreatifitas, perilaku, dan keterampilan kerja siswa. Siswa memperoleh nilai akhir praktek kerja industri dengan sangat memuaskan, hanya sebagian kecil siswa yang memperoleh cukup memuaskan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:52 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 02:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51557 |
Actions (login required)
View Item |