LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP N 1 Tempel

Rifa’i, Ahmad (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP N 1 Tempel. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AKHMAD RIFA'I_PBSI_FBS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga atau instansi yang menghasilkan tenaga kependidikan dituntut untuk bisa memberikan pengalaman mengajar kepada mahasiswanya. Pengalaman itu diperlukan agar nantinya ketika mahasiswa sudah lulus dari perguruan tinggi sudah memiliki pengalaman yang cukup mumpuni. Pengalaman mengajar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diberikan melalui program Praktik Pengalaman Lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu pembelajaran kepada mahasiswa untuk terjun dalam dunia kependidikan yang nyata. Mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan tugas dan kewajiban sebaai guru di sekolah. Selain menjadi guru, mahasiswa juga disiapkan untuk bisa memenuhi tugas administrasi sebelum pelaksanaan pembelajaran dikelas seperti pembuatan Program Tahunan (Prota), Proram Semester (Prosem), Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP). PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Tempel yang terletak di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Dari hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2016 diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang masih dapat dikembangkan. Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 28 kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII A, B, C dan D. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan lebih di SMP Negeri 1 Tempel ini dapat dipetik hasilnya berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, praktik mengajar, dan mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 00:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51516

Actions (login required)

View Item View Item