LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 WONOSARI

Sri Bimo Ario Tejo, Sri Bimo Ario Tejo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL (Sri Bimo Ario Tejo (13601244057).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program praktek pengalaman lapangan yang telah dirancang sebagai bagian dari implementasi, pengabdian, tanggung jawab serta loyalitas perguruan tinggi. Dengan PPL ini praktikan memperoleh kesempatan menghadapi kondisi riil dalam proses belajar mengajar. Selain itu program ini sangat berguna untuk penguasaan kompetensi keilmuan dan ketrampilan bidang studi, ketrampilan pengembangan profesi, dan kompetensi dalam pembentukan kepribadian sebagai pendidikan yang profesional. Kegiatan PPL ini dilaksanakan bersama dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama dua bulan di laksanakan pada hari senin sampai jumat dan jumat langsung di lanjutkan dengan terjun lokasi KKN, yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMP Negeri 1 Wonosari dan KKN di bertempat di Dukuh Ringinsari dan Madusari Wonosari, Wonosari Gunung kidul Yogyakarta . Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SMP Negeri 1 Wonosari antar lain: observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengejar, pembutan rencana pembelajaran, kegiatan praktek mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Wonosari. Hasil Pratek Pengalaman Lapangan (PPL) mengungkapkan bahwa praktekan dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktek keguruan dengan teori kependidikan secara terpadu, yang digunakan sebagai bekal membentuk calon pendidikn profesional. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan PPL. Hambatan itu diantarnya rasa canggung pada saat pertama kali mengajar, kurang percaya diri dan kurang menguasai kelas kadang peserta didik kurang memperhatikan. Hambatan itu dapat teratasi seiringnya berjalanya waktu. Dengan semua program kegiatan yang dilaksanakan oleh praktikan tersebut, praktikan berharap dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai wadah untuk memaksimalkan semua potensi yang praktikan miliki. Selain itu juga membantu upanya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM melaui pembangunan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51508

Actions (login required)

View Item View Item