Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ciamis.

Utami, Ratna Widianti (2017) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-widianti-utami-15709251010.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika, self efficacy siswa dan hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek penelitian terdiri dari 389 siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ciamis yang berasal dari 13 sekolah dengan kategori strata tinggi, strata sedang dan strata rendah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik yang terdiri dari 5 butir soal dan angket self efficacy siswa yang terdiri dari 30 item. Instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh dua ahli. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 389 siswa yang dijadikan subjek penelitian memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kriteria rendah. Faktor-faktor yang menyebabkan keadaan ini, diantaranya siswa kurang memahami informasi yang ada pada soal, siswa kurang mampu membuat model matematis, dan siswa kurang teliti dalam menyelesiakan soal. Berdasarkan tahap Polya, kemampuan pemecahan masalah siswa; 49,41% berada pada kriteria sedang untuk memahami masalah, tahap merencanakan pemecahan masalah siswa mencapai 34,33% berada pada kriteria rendah, tahap melaksanakan rencana masalah siswa mencapai 42,14% berada pada kriteri sedang dan tahap memeriksa kembali hasil siswa mencapai 4,24% berada pada kriteria sangat rendah. Rata-rata self efficacy siswa berada pada kriteria sedang, yaitu 91,17. Berdasarkan aspek self efficacy, secara keseluruhan siswa berada pada kriteria sedang namun dengan rata-rata yang berbeda. Siswa pada aspek level mencapai rata-rata 27,01, sedangkan pada aspek generality siswa mencapai rata-rata 30,62 dan pada aspek strength siswa mencapai rata-rata 34,02. Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa termasuk kategori sangat rendah karena nilai r sebesar 0,104 berada pada rentang 0,00-0,200.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Self efficacy siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:27
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51504

Actions (login required)

View Item View Item