Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika siswa kelas VII SMP.

Suryaningtyas, C. Peni (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika siswa kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-c. peni-suryaningtyas-12709259050.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model four – D dari Thiagarajan. Model ini terdiri dari empat tahapan pengembangan yaitu define (pendefenisian), design (desain), development (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian siswa, lembar penilaian guru, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 6 Yogyakarta. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa. Kepraktisan pada uji coba terbatas mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 82,86 %. Keefektifan ditinjau dari hasil uji coba tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan ketercapaian ketuntasan minimal dengan pencapaian 76,47 %. Keefektifan ditinjau dari hasil uji coba tes kemampuan komunikasi menunjukkan ketercapaian ketuntasan minimal dengan pencapaian 85,95 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pendekatan PMRI,kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:12
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51500

Actions (login required)

View Item View Item