PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP N 2 WONOSARI

Dwi Cahya Sulistyadi, Dwi Cahya Sulistyadi (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP N 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Cahya Sulistyadi-13601244044-PJKR.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis. PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai seorang pendidik. PPL dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik adalah SMP Negeri 2 Wonosari, yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 206 hingga tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada pelaksanaan PPL diharapkan dapat dilakukan minimal 4 sampai 6 kali pertemuan dengan materi yang berbeda. Mahasiswa PPL dapat melaksanakan 6 kali pertemuan dengan materi berbeda. Mahasiswa PPL mengajar di dua kelas, yaitu kelas VIII A, VIII E dan VIII F. Metode yang digunakan antara lain ceramah, observasi, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Media yang mahasiswa PPL gunakan antara lain LCD, laptop, speakers, papan bergambar sebagai media. Mahasiswa PPL mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata selama melaksanakan PPL. Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama semua pihak. Dengan terlaksananya PPL ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2017 06:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51496

Actions (login required)

View Item View Item