LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) LOKASI SMK N 2 MAGELANG

Budi Ekowati, Budi Ekowati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) LOKASI SMK N 2 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Archive
LAPORAN PPL GABUNGAN SMK N 2 MAGELANG.zip

Download (45MB)

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (PPL UNY) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program kependidikan sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa kependidikan dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional. Mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan pengalaman secara nyata dan dapat mempraktikkan seluruh teori yang sudah didapatkan ketika perkuliahan. Dengan adanya program PPL ini mahasiswa juga dapat mengasah keterampilan mengajar, menambah ilmu pengetahuan dan melatih mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal ketika mahasiswa nantinya terjun ke dunia pendidikan yang sesungguhnya. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan administrasi guru (membuat soal evaluasi dan soal latihan korespondensi, membuat agenda harian, membantu administrasi guru, membuat RPP, dan membuat materi ajar korespondensi), praktik mengajar dan evaluasi. Evaluasi meliputi pembuatan soal ulangan harian serta pembuatan tugas untuk siswa. Program PPL dilaksanakan di SMK Negeri 2 Magelang yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016. Kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok praktik mengajar di kelas X AP 2 juga terdapat kegaitan mengajar secara insidental, kegiatan ekstrakulikuler di jurusan Administrasi Perkantoran (Secretary Club), agenda kegiatan yang diadakan sekolah seperti Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka (PTA), pengajian, administrasi guru, membantu akreditasi jurusan, dan mendampingi agenda atau kegiatan yang diadakan oleh sekolah, guru, maupun siswa itu sendiri. Dengan mengikuti kegiatan lain selain praktik mengajar di kelas maka memberikan keuntungan bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat bersosialisasi dengan seluruh warga sekolah dengan baik, membentuk kepribadian mahasiswa, mengembangkan ilmu pengetahuan, dan adanya kesempatan untuk mengamati serta menyelesaikan permasalahan yang muncul di sekolah terkait proses pembelajaran yang berlangsung di kelas maupun di luar kelas. Dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa dapat belajar mengenai kegiatan akademik maupun non akademik sekolah yang sangat berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga pendidik yang profesional, serta memiliki sikap, nilai, pengetahuan dan keterampilan yang sesuai. Secara umum, dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini berjalan dengan baik dan lancar, namun program ini harus tetap dikembangkan dengan membina hubungan dan kerjasama yang baik antar lembaga pendidikan yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Praktik, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2017 08:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51469

Actions (login required)

View Item View Item