Pengembangan Media Pembelajaran IPA Scientific Approach On Website (Science-On-Web) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP.

Akhyar, Muhammad (2017) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Scientific Approach On Website (Science-On-Web) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-akhyar-15708259011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran IPA science-on-web yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran IPA pada materi sistem ekskresi siswa kelas VIII SMP, (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII yang menggunakan media science-on-web dengan siswa tanpa media science-on-web. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model Borg & Gall menjadi 8 tahap yaitu (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir, dan (8) diseminasi terbatas. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dua guru IPA, dan tiga teman sejawat. Uji coba produk awal dilakukan kepada 10 siswa SMPN 9 Tanjungpinang. Sampel uji coba lapangan adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Tanjungpinang. Desain uji coba lapangan adalah eksperimen semu terdiri dari 35 siswa di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi kemandirian, soal tes hasil belajar, dan angket respon siswa terhadap media. Telah dilakukan analisis statistik menggunakan manova untuk melihat perbedaan peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran IPA science-on-web dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran IPA science-on-web. Hasil penelitian adalah (1) media pembelajaran IPA science-on-web materi sistem ekskresi yang teruji valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran, (2) terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa yang menggunakan media science-on-web dengan siswa tanpa media science-on-web.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, science-on-web, kemandirian, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Aug 2017 08:50
Last Modified: 03 Aug 2017 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51467

Actions (login required)

View Item View Item