KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Sari, Mifta Tyas Laksita (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. S1 thesis, UNY.

[img] Text
abstract.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text
SKRIPSI_Mifta Tyas Laksita_13301241005Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kretek tahun 2016/2017. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model Problem Based Learning dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan model ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari soal pretest dan posttest, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Uji keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: 1) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, 2) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa, 3) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, 4) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : Problem Based Learning¸berpikir kritis, komunikasi matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51461

Actions (login required)

View Item View Item