Muflihah, Lilik Waziratul and Sugiman, Sugiman (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGEMPLAK. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (22kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ditinjau dari motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak. Penelitian ini merupakan pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak yang terdiri dari enam kelas. Kemudian dipilih satu kelas dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi dan tes prestasi belajar. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-one sample test, t-paired sample test, dan Wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan data yang diperoleh, skor rata-rata awal dan akhir motivasi belajar masing-masing yaitu 78,5312 dan 85,3125. Sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest prestasi belajar masing-masing 41,8759 dan 79,1672. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif ditinjau dari pencapaian dan peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar. Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), motivasi belajar, dan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 07:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |