EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGEMPLAK

Muflihah, Lilik Waziratul and Sugiman, Sugiman (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGEMPLAK. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ditinjau dari motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak. Penelitian ini merupakan pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak yang terdiri dari enam kelas. Kemudian dipilih satu kelas dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi dan tes prestasi belajar. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-one sample test, t-paired sample test, dan Wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan data yang diperoleh, skor rata-rata awal dan akhir motivasi belajar masing-masing yaitu 78,5312 dan 85,3125. Sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest prestasi belajar masing-masing 41,8759 dan 79,1672. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif ditinjau dari pencapaian dan peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar. Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), motivasi belajar, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51458

Actions (login required)

View Item View Item