Titis Aprilia, Dian Pratiwi (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA ANAK KELOMPOK B DI ‘TK KKLKMD SIDOMAJU’ PLEBENGAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKA. S1 thesis, PAUD.
Text
Skripsi_Titis Aprilia Dian Pratiwi_13111241060.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan berbicara dengan penerimaan teman sebaya anak. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti peroleh diketahui bahwa terdapat beberapa anak yang belum dapat mengekspresikan emosi dan keinginannya melalui kata-kata verbal, pendiam, serta pemalu sehingga muncul perbedaan dalam penerimaan teman sebaya, padahal penerimaan teman sebaya berpengaruh terhadap sosioemosional anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh anak menjadi subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK KKLKMD Sidomaju yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan sosiometri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan berbicara dengan penerimaan teman sebaya anak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil korelasi Pearson Product Moment r = 0,802, p < 0,05 yang berarah positif dalam tingkatan sangat kuat dan signifikan. Artinya semakin tinggi keterampilan berbicara anak, maka semakin tinggi pula penerimaan teman sebaya. Kata kunci: keterampilan berbicara, penerimaan teman sebaya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 03:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51453 |
Actions (login required)
View Item |