LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Hindarto Bramantia Kurniawan, Hindarto Bramantia Kurniawan (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hindarto Bramantia Kurniawan 13601241144.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016.. Dalam praktik mengajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII E dan VIII F dengan jumlah mengajar sebanyak 30 kali pertemuan, tanpa pengajaran insidental. Sehingga selama PPL mahasiswa telah melakukan pengajaran sebanyak 30 kali pertemuan. Melalui program PPL ini mahasiswa dapat memperoleh banyak manfaat, antara lain : (1) program PPL memberikan kesempatan dalam melakukan pemantapan kemampuan professional Guru ;(2) mendemonstrasikan kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan ;(3) melakukan perbaikan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik ;(4) mendalami karakteristik peserta didik dalam rangka memotivasi belajarnya ;(5) mengidentifikasi permasalahan pembelajaran di kelas dan mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut secara individu maupun kelompok ;(6) menerapkan pembelajaran inovatif ; (7) wahana melatih bekerja secara tim. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Mengajar, SMP N 1 Kota Mungkid
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51445

Actions (login required)

View Item View Item