EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MAJAPAHIT (Crescentia cujete) SEBAGAI PESTISIDA NABATI HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI(Brassica juncea L)

Wulandari, Mesa Septiana (2017) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MAJAPAHIT (Crescentia cujete) SEBAGAI PESTISIDA NABATI HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI(Brassica juncea L). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis optimal ekstrak daun Majapahit (Crescentia cujete) sebagai pengendali hama Spodoptera litura pada tanaman sawi caisim (Brassica juncea), persentase mortalitas Spodoptera litura, pemendekan hidup hama Spodoptera litura instar III menjadi pupa, pengaruh terhadap morfologi, tingkat kerusakan tanaman sawi caisim (Brassica juncea) dan berat basah (Brassica juncea) setelah pemberian ekstrak daun Majapahit (Crescentia cujete). Jenis Penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 variasi dosis dan 5 kali pengulangan. Obyek penelitian ini adalah 125 ekor larva Spodoptera litura instar III yang dikumpulkan dari Balittas Malang, Jawa Timur. Ekstrak daun Majapahit (Crescentia cujete) dibuat dari 100 gram daun Majapahit segar yang dicampur dengan 200 gram air dan 1 ml alkohol dan diendapkan selama 24 jam. Starter ekstrak daun Majapahit Crescentia cujete menjadi 5 variasi dosis yaitu 0%, 17,5%, 20%, 22,5% dan pestisida kimia. Penginfeksian hama dilakukan pada tanaman sawi yang berumur 21 hari setelah tanam di green house FMIPA, UNY. Tanaman sawi diinfeksikan masing-masing 5 ekor larva Spodoptera litura, perhitungan mortalitas larva dilakukan satu hari penyemrotan pestisida nabati. Hasil uji statistik Oneway Anova diperoleh p=0,000 sehingga (p<0,05) artinya ada perbedaan yang nyata atau bermakna yaitu ekstrak daun Majapahit Crescentia cujete mengakibatkan mortalitas hama Spodoptera litura. Ekstrak daun Crescentia cujete pada dosis 22,5% adalah dosis yang paling efektif mengakibatkan kematian larva. Hasil uji Oneway Anova menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap pemendekan hidup larva instar III menjadi pupa namun tidak berpengaruh terhadap morfologi, tingkat kerusakan dan berat basah tanaman sawi caisim (Brassica juncea). Kata kunci: Ekstrak Crescentia cujete, Spodoptera litura

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 03 Aug 2017 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51443

Actions (login required)

View Item View Item