LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID LOKASI : SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID

WINDI AGUSTINE, WINDI AGUSTINE (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID LOKASI : SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
~$MPIRAN.docx

Download (162B)
[img]
Preview
Text
1. Cover-abstrak.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I, II, dan III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LAMPIRAN I dan II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LAMPIRAN III LAPORAN MINGGUAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LAMPIRAN IV.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LAMPIRAN V a SILABUS.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN V b RPP Obyek IPA dan Pengamatannya.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN V b RPP Klasifikasi Makhluk Hidup.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN V b RPP Klasifikasi ZAT.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. LAMPIRAN V c & V e JADWAL KELAS VII DAN DAFTAR PESERTA DIDIK VII D DAN VII E.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. LAMPIRAN VI ANALISIS ULANGAN HARIAN.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. LAMPIRAN VI a ANALISIS UH 1 KELAS VII D.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. LAMPIRAN VI a ANALISIS UH 2 KELAS VII D.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teori-teori yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih sebagai bekal di masa depan ketika mereka akan terjun di dunia pendidikan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 1 Kota Mungkid, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 12 kali dalam satu kelas, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII D dan VII E. Penulis melakukan praktik mengajar di kelas setiap hari Senin jam ke 6-7, hari selasa jam ke 1-3, dan hari kamis jam ke 1-5. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi informasi, eksperimen, dan demonstrasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, dan model serta LKPD. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMP N 1 Kota Mungkid, Kegiatan Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51441

Actions (login required)

View Item View Item