PENINGKATAN KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS V MIN TEMPEL KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN BERMAIN KETEPATAN MELEMPAR SHUTTLECOOK TAHUN 2017

Wianatun, Tri (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS V MIN TEMPEL KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN BERMAIN KETEPATAN MELEMPAR SHUTTLECOOK TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TRI WIANATUN_15604227006.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah pembelajaran bulutangkis yang bervariasi dengan pengembangan kemampuan smash belum dapat secara maksimal diterapkan bagi siswa kelas V MIN Tempel Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan smash pada permainan bulutangkis siswa kelas V MIN Tempel Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman melalui pendekatan ketepatan bermain melempar shuttlecock. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas Va MIN Tempel Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 32 siswa. Penelitian tindakan dilakukan dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 105 menit. Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi pengamatan partisipasi siswa dan tes unjuk kerja siswa melakukan smash bulutangkis sebanyak 20 kali kesempatan. Hasil penilaian partisipasi keaktifan siswa dan tes hasil unjuk kerja siswa akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Sedangkan catatan lapangan diolah menjadi kalimat-kalimat yang bermakna dan dianalisis secara deskriptif kualitatif, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan pendekatan ketepatan bermain melempar shuttlecock yang dilakukan dalam 2 siklus dengan keseluruhan 4 kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan kemampuan smash bulutangkis siswa kelas V MIN Tempel Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Peningkatan tersebut meliputi suasana pembelajaran dan perkembangan smash bulutangkis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator pada saat proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran terlihat meningkatnya keaktifan belajar siswa, semangat beraktifitas dari siswa, dan perasaan senang dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu juga terlihat adanya peningkatan perkembangan smash bulutangkis siswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Smash, Bulutangkis, Bermain, Melempar Shuttlecook
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51427

Actions (login required)

View Item View Item