PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Nusaibah, Naja and Murdiyani, Nila Mareta (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteri kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran ini diujikan kepada 32 siswa kelas VIII E MTsN Yogyakarta 1. Data dikumpulkan dengan observasi, lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penilaian perangkat pembelajaan dilakukan oleh dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penilaian perangkat pembelajaran ini menggunakan lembar penilaian dengan skala Likert 1-4. Hasil penilaian RPP menunjukkan skor 3,82 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penilaian LKS menunjukkan skor 3,35 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan dari data angket respon siswa diperoleh skor 2,81 dengan kriteria praktis. Penilaian keefektifan menurut tes hasil belajar siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 78,13 % dengan KKM 70 dan nilai rata-rata kelas diperoleh 78. Sedangkan penilaian keefektifan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 3,82 dengan kriteria efektif. Sehingga perangkat pembelajaran dikatakan efektif. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, lingkaran, ADDIE.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51417

Actions (login required)

View Item View Item