Agustien, Ibnatusanie and Retnawati, Heri (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SMP KELAS VII SEMESTER GENAP DENGAN MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB 1.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
|
![]() |
Text
halaman judul.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengetahui kevalidan perangkat yang dikembangkan, angket respon siswa untuk mengetahui kriteria kepraktisan dari perangkat, dan soal tes untuk mengetahui kriteria keefektifan produk, serta lembar observasi untuk mendukung penelitian yang dilaksanakan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid, praktis, dan efektif jika minimal kriteria yang dicapai memenuhi kriteria baik. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan obyek penelitian siswa kelas VII B. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,26 untuk RPP dan 4,17 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,88 untuk angket respon siswa dari skor maksimal 5,00. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan awal dan hasil tes belajar, perangkat memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan adanya ratarata skor tes kemampuan awal sebesar 24,12 dengan kriteria kurang dan diperoleh rata-rata skor tes hasil belajar sebesar 60,02 dengan kriteria baik. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Perangkat Pembelajaran, Segitiga dan Segiempat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 07:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |