LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 4 MAGELANG

Give Sri Sugenah Respatiningsih, Give Sri Sugenah Respatiningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 4 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Give Sri Sugenah Respatiningsih.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang mempunyai misi menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang didukung bidang nonkependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Misi tersebut kemudian diimplementasikan pada program pemberdayaan sekolah melalui jalur Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Pada kegiatan PPL ini, mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Magelang yang beralamatkan di Jalan Panembahan Senopati No.42/47 merupakan lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL selama kurang lebih 2 bulan pada semester khusus, mulai dilaksanakan 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Praktik Pengalaman Kerja (PPL) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa, sehingga nantinya diharapkan akan mempunyai kesiapan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) sebanyak 7 kelas XI IPA 3, XI IPS 1, XI IPS 4, XI IPS 3, XII BAHASA, XII IPS 3, XII IPS 2 dengan jumlah pertemuan 7 kali pertemuan yang terdiri dari minggu pertama observasi kelas, 1 minggu untuk materi teori dan 5 kali pertemuan untuk materi praktek tari Zapin Melayu untuk kelas XI dan tari Polandia untuk kelas XII. Sehingga total pertemuan yakni 7 pertemuan. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, praktikan mendapatkan banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki keterampilan mengajar. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL , SMA N 4 Magelang, Seni Budaya (Tari)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51397

Actions (login required)

View Item View Item