LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (PPL UNY 2016) LOKASI SMA N 1 MERTOYUDAN

Aditya Rizka Puspita, Aditya Rizka Puspita (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (PPL UNY 2016) LOKASI SMA N 1 MERTOYUDAN. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ADITYA RIZKY PUSPITA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Pengalaman Lapangan (PP) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki selama di bangku perkuliahan secara langsung di lapangan sesuai dengan bidang keahliannya masing- masing. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Kegiatan PPL dilaksanakan selama dua bulan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Selama program PPL berlangsung, mahasiswa praktikan melaksanakan seluruh program kerja PPL yang telah disusun sebelumnya. Dalam pelaksanaanya mahasiswa selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan dan juga dengan guru koordinator PPL yang ada di sekolah. Pelaksanaan program kerja PPL harus dilaksanakan seefektif mungkin agar seluruh program kerja dapat terselesaikan seluruhnya. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan setelah melakukan observasi dan mendapat surat tugas dari guru koordinator PPL di sekolah. Mahasiswa praktikan melaksanakan tugas PPL dengan mengajar kelas-kelas yang sudah praktikan pilih dan disepakati dengan guru pembimbing mata pelajaran yang bersangkutan. Selain melakukan praktik mengajar, mahasiswa praktikan juga melaksanakan kegiatan yang ada di sekolah, misalnya kegiatan upacara setiap hari senin, menggantikan guru yang berhalangan untuk mengajar dan membantu staf karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi persiapan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP), program tahunan, dan program semester. Di dalam pelaksanaannya, praktikan sering melakukan konsultasi dengan guru pembimbing di sekolah dan dosen pembimbing dari jurusan mengenai pembuatan RPP, pemilihan bahan ajar dan media yang akan digunakan, dan pembuatan soal-soal evaluasi bagi peserta didik. Di dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini, mahasiswa praktikan melaksanakan pembelajaran di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 untuk mata pelajaran biologi. Praktik mengajar dilaksanakan dengan dua bagian yaitu secara terbimbing dan secara mendiri. Selama melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa tidak memiliki hambatan yang berarti, mahasiswa juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan guru pembimbing, koordinator PPL dan peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Biologi, PPL, SMA N 1 Mertoyudan.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:49
Last Modified: 01 Aug 2017 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51388

Actions (login required)

View Item View Item