Mentari Angeline, Tri Setiana (2017) FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI PESERTA MENGIKUTI PELATIHAN MEMASAK DI LKP IONS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
skripsi burn fix.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui faktor internal yang mempengaruhi motivasi siswa mengikuti pelatihan memasak di IONs Yogyakarta (2) Mengetahui faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi siswa mengikuti pelatihan memasak di IONs Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik survei dan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di LKP IONs yang beralamatkan di Jl C Simanjuntak No 50 Yogyakarta. Populasi penelitian adalah para siswa IONs Culinary College yang menjalani kursus memasak selama bulan April 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh sebanyak 31 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan angket. Validasi instrumen dilakukan dengan expert judgement. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor internal yang mempengaruhi motivasi mengikuti pelatihan memasak di IONs Yogyakarta yaitu bakat 100%, intelegensi 97%, minat siswa 94%, cita-cita/aspirasi siswa 84%, kebutuhan siswa 81%, kemampuan dasar 74%, dan keadaan atau kekuatan fisik siswa 52%. (2) Faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi mengikuti pelatihan memasak di IONs Yogyakarta yaitu guru 100%, staff administrasi dan waktu pelatihan memasak 97%, fasilitas 94%, teman sekelas 87%, media pembelajaran 84%, keluarga 74%, tempat pelatihan 68% dan masyarakat/tetangga/teman sebaya 29%, dan udara/cuaca 10%
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Faktor Internal, Faktor Eksternal |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 01:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51384 |
Actions (login required)
View Item |