LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 WATES

Claudya Febri Romadhon, Claudya Febri Romadhon (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Claudya Febri_13206241011_P.Seni Rupa.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki bobot 3 SKS dan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan. Program PPL adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL ini merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Program PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2015. Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasi, yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi pembelajaran di kelas. Mahasiswa melaksanakan PPL disekolah sasaran, terlebih dahulu dilakukan observasi baik observasi pembelajaran, observasi siswa, observasi kondisi sekolah, dan observasi lembaga. Penyusun melakukan observasi fisik ke sekolah pada tanggal 20 Februari 2016 dan observasi non fisik juga pada tanggal 25 Februari 2016. Dengan adanya observasi fisik maupun non fisik ini diperoleh permasalahan apa yang sekiranya nanti akan dicarikan solusinya melalui penyusunan program kerja Kegiatan praktik mengajar sejumlah 3 kelas dan dilaksanakan setiap hari Senin (jam ke 5) di kelas VII C, Selasa (jam ke 3, dan jam ke 7-8) di kelas VII C dan kelas VII D, Rabu mengajar kelas VII D dan VIII E( Jam ke 4,5 dan 6,7,8) .PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar Hasil yang diperoleh selama kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang professional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Seni Rupa, SMP Negeri 1Wates.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 08:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51375

Actions (login required)

View Item View Item