EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU VEST SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 JEPARA

Diyah Ayu, Puji Lestari (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU VEST SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 JEPARA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pencapaian kompetensi membuat saku vest menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Jepara, (2) Pencapaian kompetensi membuat saku vest menggunakan metode Student Team Achievement Division pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Jepara, (3) efektivitas metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pencapaian kompetensi membuat saku vest pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian tipe Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada kelas X program keahlian tata busana di SMK N 2 Jepara. Populasi penelitian adalah seluruh siswa X tata busana berjumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan penilaian unjuk kerja. Validitas instrumen tes dibuktikan dengan menggunakan validitas isi dan expert judgment, lembar observasi dan penilaian unjuk kerja dibuktikan berdasarkan pendapat para ahli (expert judgment). Sedangkan uji reliabilitas dibuktikan dengan reliability analyze pada program SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pencapaian kompetensi membuat saku vest pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah nilai rerata pretest dan posttest sebesar 68,28 dan 76,29 sebanyak 25 siswa dalam kategori tuntas, (2) pencapaian kompetensi membuat saku vest pada kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD, nilai rerata pretest dan posttest sebesar 66,18 dan 80,90 sebanyak 36 siswa dalam kategori tuntas, (3) Metode Student Team Achievement Division (STAD) efektif untuk pencapaian kompetensi membuat saku vest, yang dibuktikan dengan adanya perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata kunci : Efektivitas, saku vest, metode Student Team Achievement Division

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51362

Actions (login required)

View Item View Item