PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA MEMBATIK TULIS PADA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Anita Widya, Saputri (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA MEMBATIK TULIS PADA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan perangkat penilaian kinerja membatik tulis pada program keahlian Tata Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. (2) mengetahui kelayakan perangkat penilaian kinerja membatik tulis pada program keahlian Tata Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. (3) mengetahui efektivitas implementasi perangkat penilaian kinerja membatik tulis pada program keahlian Tata Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode Research and Development menganut model pengembangan Borg dan Gall yang dikutip oleh Anik Ghufron,dkk. Sumber data penelitian ini adalah guru membatik tulis dan siswa kelas XI Tata Busana SMK Ma’arif 2 Sleman. Objek penelitian ini berupa perangkat penilaian kinerja membatik tulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes unjuk kerja membatik tulis, angket dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian untuk expert judgement, angket untuk siswa, lembar soal, pedoman penilaian, dan rubrik penilaian kinerja membatik tulis. Kelayakan perangkat penilaian diperoleh dari hasil validitas isi oleh tiga orang ahli (expert judgement) dan perhitungan reliabilitas (Kappa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) dikembangkannya perangkat penilaian kinerja membatik tulis berupa lembar soal, pedoman penilaian kinerja dan rubrik penilaian kinerja membatik tulis (2) layaknya perangkat penilaian kinerja membatik tulis yang divalidasi oleh ahli materi membatik tulis, ahli pengukuran penilaian , dan guru mata pelajaran membatik tulis yang menyatakan perangkat penilaian kinerja “layak” digunakan dalam pembelajaran praktik membatik tulis. (3) hasil efektivitas implementasi perangkat penilaian yang telah dikembangkan diperoleh 87% siswa telah kompeten dalam membatik tulis dan 13% siswa belum kompeten dalam membatik tulis. Berdasarkan kriteria efektivitas pembelajaran oleh Djemari Mardapi, suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila lebih dari 85% siswa telah dinyatakan kompeten dalam pembelajaran tersebut. Oleh karena itu perangkat penilaian kinerja membatik tulis dinyatakan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran praktik membatik tulis. Kata kunci: perangkat penilaian, kinerja, batik tulis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51359

Actions (login required)

View Item View Item